Business

Tips Arahan dan Tempat Penukaran Uang Rusak Resmi

Dalam masyarakat dewasa ini lebih banyak digunakan jenis uang kertas, keuntungannya lebih mudah dibawa karena lebih ringan dan mudah ditata dalam dompet. Tapi sisi buruknya uang kertas lebih mudah rusak dibandingkan dengan bahan logam. Uang sering kali berpindah kepemilikan, kadang dilipat-lipat, dicoreti tulisan iseng oleh ABG galau, sobek ataupun basah terkena air, hasilnya uang rusak dan tidak diterima sebagai alat pembayaran.

Kita kadang cuek dan membuang uang begitu saja karena uang yang rusak biasanya hanya uang dengan nilai kecil sebut saja Rp.1000 ataupun Rp.2000. Tapi bagaimana jika yang sobek uang Rp.50.000 ataupun Rp.100.000, sebagian besar orang langsung ambil isolasi dan menyambungkannya kembali ­čÖé Sebenarnya tak perlu segitunya, karena kita bisa tukar uang rusak dengan uang baru yang masih dalam keadaan baik.

Tempat Penukaran Uang Rusak

Masyarakat Indonesia dapat menukarkan uang sobek dengan Rupiah baru yang layak edar di kantor Bank Indonesia (BI) setempat ataupun saat ada kas keliling dari BI. Tempat penukaran uang sobek lainnya adalah bank ataupun kantor yang disetujui oleh BI. Bank akan menukar uang rusak dengan nominal yang sama.

Alamat tempat penukaran uang rusak (sumber bi.go.id)

1. Kantor Pusat Bank Indonesia

Cq. Departemen Pengelolaan Uang
Lobby Gedung C, Komplek Perkantoran BI
Jl. M.H. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat 10350
Telp. 2981 8722, 2981 7297 (hari dan jam kerja).
Waktu layanan: Hari Senin s.d. Jumat mulai pukul 09.00 – 11.30 waktu setempat.

2. Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw-DN) Bank Indonesia yang terdekat.
Waktu layanan: pada hari-hari tertentu mulai dari pukul 09.00 – 11.30 waktu setempat.

3. Kas Keliling Bank Indonesia

Untuk mengetahui lokasi dan waktu beroperasinya Kas Keliling Bank Indonesia dapat dikonfirmasikan kepada Departemen Pengelolaan Uang di nomor telepon 021-2981 8722, 2981 7297 atau Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw-DN) Bank Indonesia pada hari dan jam kerja.

1. Uang Lusuh

Uang yang selalu berputar dalam sistem pasar tentu saja akan mengalami lusuh karena terkena keringat ataupun dilipat-lipat. Asalkan masih bisa dilihat keasliannya, uang lusuh ini masih bisa ditukar, namun jika sulit dikenali maka penukar bisa meminta penelitian uang rusak.

2. Uang Lama

Jika anda pemilik uang lama yang sudah tidak beredar maka anda diberi tenggang waktu 10 tahun untuk menukarkan uang tersebut dengan uang baru yang layak edar. Mungkin sebagian orang lebih memilih untuk mengoleksinya lebih lama dengan tujuan agar bisa dijual dengan harga lebih

3. Uang Rusak

Apabila masih bisa dikenali keasliannya, bank akan segera menukar uang rusak dengan uang layak edar. Namun jika ciri-ciri keaslian sulit diketahui maka penukar diwajibkan mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak.

-UANG RUSAK YANG DIBERI PENGGANTIAN

-Penukaran Uang Rusak

-Peraturan ini dibuat semata-mata agar tidak dapat digunakan untuk kecurangan dalam penukaran uang rusak.

-Menukar Uang Rusak

Alasan uang ini ditolak oleh BI dengan pertimbangan ditakutkan nanti diamnfaatkan untuk melakukan kecurangan dan uang dirusak dengan sengaja.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Cewe Kece memberikan informasi tentang cewe

Biar tetap kece tak tertinggal terus update

Copyright ┬ę 2017 Cewe Kece

To Top