Insight

Cara Cepat dan Ampuh membebaskan Diri Dari Hutang

Membebaskan diri dari hutang

Cara Cepat dan Ampuh membebaskan Diri Dari Hutang, Sahabat Cewe Kece sekalian dimanapun berada, Mengelola keuangan tentu bukan sebuah hal yang baru di dalam kehidupan Anda, terutama bagi yang telah memiliki penghasilan sendiri setiap bulannya. Namun, hal ini juga kerap menjadi salah satu perkara yang sulit untuk dilakukan, mengingat hanya sedikit saja orang yang dapat mengelola keuangan mereka dengan baik dan maksimal. Lalu, sisanya masih saja berkutat pada masalah keuangan yang seolah tidak ada habisnya, termasuk masalah utang.

Utang merupakan salah satu komponen yang paling sering membuat seseorang mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan. Berbagai kebiasaan buruk yang dimiliki oleh seseorang dalam mengatur keuangan, sangat mungkin membuat orang tersebut menjadi berutang atau bahkan terlilit di dalam kubangan utang yang semakin hari semakin dalam.

Jika sudah begini, maka keuangan akan terganggu dan mengalami banyak masalah yang pada ujung-ujungnya akan merugikan diri sendiri. Untuk itu, cobalah untuk mengelola keuangan dengan bijak dan tepat, sehingga berbagai utang tidak akan mengganggu keuangan di masa yang akan datang.

Selesaikan Utang dengan Cerdas

Gaya hidup sangat mempengaruhi kondisi keuangan seseorang, hal ini tentu saja benar. Jika Anda memiliki gaya hidup yang sehat dan “normal”, maka besar kemungkinan juga akan memiliki kondisi keuangan yang sehat. Namun, sebagian besar orang tidak menyadari hal ini, dan bahkan tidak memiliki langkah-langkah yang tepat dalam mengelola keuangan dengan baik, sehingga berbagai masalah timbul di dalamnya.

Ketika sudah berkomitmen untuk mengubah kondisi keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya, maka Anda harus upayakan untuk bebas dari utang, baik itu utang dalam bentuk apapun. Hal ini akan membantu untuk bisa lebih leluasa dalam mengelola semua uang yang dimiliki, termasuk dalam mengalokasikannya pada berbagai pos yang dianggap penting (misalnya investasi).

Membebaskan diri dari hutang

Membebaskan diri dari hutang

Namun jika ternyata Anda telah terlanjur memiliki sejumlah utang di dalam keuangan, maka mau tidak mau hal ini harus diatasi terlebih dahulu. Meski tidak sekaligus, Anda dapat menyelesaikan berbagai utang secara bertahap, sehingga pos pengeluaran ini tidak akan mengganggu pos pengeluaran lainnya di dalam keuangan. Secara garis besar, setidaknya ada 2 langkah yang bisa dilakukan untuk bisa menyelesaikan utang dengan segera, yakni:

1. Membuat Pendapatan Lebih Besar dari Pengeluaran

Cara Cepat dan Ampuh membebaskan Diri Dari Hutang, Ada banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa di dalam hidupnya mereka menghabiskan lebih banyak uang daripada menghasilkannya, barangkali Anda juga sering melakukan hal yang sama. Dengan pola seperti itu, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan membuat pasak selalu lebih besar daripada tiang, di mana pengeluaran selalu melebihi pendapatan yang dihasilkan setiap bulan.

Jika hal di atas selalu terjadi di dalam keuangan, maka sudah bisa dipastikan Anda akan menumpuk utang setiap bulannya. Bukannya berkurang, jumlah utang ini bahkan akan semakin lama semakin menggunung. Berbagai pengeluaran yang bahkan tidak begitu penting, bisa saja selalu terjadi di dalam keuangan. Tinggalkan kebiasaan ini, dan mulailah untuk menciptakan pendapatan yang jauh lebih besar daripada pengeluaran sejak sekarang.

Berpikirlah bagaimana caranya untuk membuat pengeluaran menjadi lebih kecil daripada pendapatan, sehingga bisa menyimpan sejumlah uang setiap bulannya. Lakukan hal ini dengan mudah, yakni dengan menyusun sebuah anggaran keuangan yang tepat, di mana Anda dapat mencatat dan merinci setiap sen yang dikeluarkan di dalam keuangan. Kenali setiap pengeluaran yang dilakukan, sehingga Anda lebih mudah untuk mengidentifikasi pos mana saja yang sebenarnya tidak begitu penting untuk diadakan, atau setidaknya mengurangi jumlah pengeluaran di pos-pos tersebut.

Pada dasarnya, Cara Cepat dan Ampuh membebaskan Diri Dari Hutang hal yang paling mudah untuk dilakukan agar terbebas dari utang adalah dengan cara memulai hidup hemat, sehingga pengeluaran menjadi lebih ramping dan dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar utang. Hal ini tidak akan terlalu sulit, jika melakukannya dengan komitmen yang besar. Berikut ini adalah cara berhemat yang dapat dilakukan untuk menekan pengeluaran:

Kurangi Anggaran untuk Hobi Mahal

Mungkin Anda sering bepergian ke luar kota hanya untuk sekedar menikmati liburan akhir pekan di sana, atau membayar biaya member di tempat fitness yang bahkan hanya dikunjungi beberapa kali dalam sebulan. Mulailah mengenali seberapa efektif pengeluaran untuk hobi yang mahal, sehingga Anda paham bahwa pengeluaran tersebut tidak begitu penting atau bahkan terkesan mubazir, mengingat Anda memiliki sejumlah utang. Kurangi hal-hal seperti ini, agar bisa berhemat lebih banyak.

Hemat Energi

Anda juga bisa menekan pengeluaran dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih hemat energi. Gunakan berbagai perangkat elektronik dengan bijak, misalnya dengan mengaktifkan mode power saver atau bahkan mematikannya jika tidak begitu dibutuhkan. Berbagai kebiasaan ini mungkin terasa sulit pada awalnya, namun hal ini bisa menghemat banyak uang setiap bulannya.

Masak Sendiri dan Membawa Bekal

Membiasakan diri untuk memasak makanan sendiri di rumah dan sesekali membawa bekal ke tempat kerja, akan bisa menghemat banyak uang. Hindari untuk selalu makan di luar, yang tentunya akan menghabiskan cukup banyak uang. Memasak bukan hanya membuat Anda berhemat, namun juga bisa menyantap aneka makanan yang jauh lebih sehat dan bersih.

Baca Juga : Yang perlu diperhatikan ketika menjaga orang sakit di Rumah Sakit

2. Segera Melunasi Utang yang Ada

Setelah beberapa langkah di atas, Anda tentu akan memiliki sejumlah dana yang dapat dialokasikan untuk menjadi dana pelunasan utang. Meski tidak melunasinya sekaligus, ada baiknya segera menyicil dan tidak membuang kesempatan untuk segera mulai membayar utang-utang tersebut. Milikilah komitmen yang kuat, bahwa Anda akan mengalokasikan dana yang ada hanya untuk membayar utang saja, dan bukan untuk kebutuhan lainnya.

Identifikasi utang mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar sekalipun, sehingga semua bisa terlihat dengan jelas. Mulailah membayar utang yang memiliki bunga terbesar, misalnya: utang kartu kredit atau pinjaman bank lainnya. Hal ini penting, agar segera bebas dari tagihan bunga utang yang juga lumayan besar. Lakukan pelunasan ini secara bertahap, sesuai dengan kemampuan keuangan setiap bulannya.

Kenali Kemampuan Keuangan Anda dengan Baik

Dalam mengelola keuangan, akan sangat tepat jika mengenali kemampuan keuangan dengan baik, sehingga bisa memahami bagaimana cara untuk mengendalikan dan mengelolanya. Upayakan untuk tidak memiliki utang, atau bahkan jika sudah terlanjur memilikinya, maka mulailah melakukan pelunasan sejak sekarang. Pola hidup hemat juga akan membantu hidup bebas dari utang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cewe Kece memberikan informasi tentang cewe

Biar tetap kece tak tertinggal terus update

Copyright © 2017 Cewe Kece

To Top

Kamu Sedang Offline