Health

Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik

Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik

Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik

Yang jadi masalah adalah bagaimana kalau sudah terlanjur kena alergi wajah? Soalnya banyak yang tidak tahu dan kurang paham dengan alergi wajah akibat penggunaan kosmetik kecantikan. Sehingga sekali kena langsung bingung dan tanya sana sini.

Tahapan mengatasi alergi wajah karena kosmetik

Ciri-ciri ketika anda tidak cocok pada suatu kosmetik ada 2 macam, kena alergi dan iritasi. Ini bukan masalah produk yang tidak benar namun karena kulit anda tidak/belum cocok menggunakan kosmetik tersebut. Atau tahapan penggunaan kosmetik yang tidak benar, atau melanggar pantangan saat menggunakan kosmetik kecantikan. Maka, munculah alergi atau iritasi pada kulit wajah.

Mengatasi alergi pada kulit wajah yang ruam bentol merah gatal dan bengkak :

  • Hentikan penggunaan kosmetik terlebih dahulu, sampai keadaan kulit wajah menjadi normal
  • Jika kulit wajah terasa gatal, jangan digaruk
  • Minum anti biotik alami seperti air kelapa, susu
  • Bisa juga minum obat anti alergi seperti CTM atau incidal
  • Hadapi dengan sikap tenang dan tidak panik. Stress dapat menyebabkan alergi anda tambah parah
  • Konsultasikan dengan Dokter jika 3 hari tidak kunjung sembuh
  • Hubungi penjual kosmetik anda tentang bagaimana penggunaan yang benar serta pantangan yang harus dihindari. Karena beberapa kosmetik punya cara tersendiri dalam penggunaan, serta pantangan saat sedang menggunakan krim wajah tersebut
Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik

Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik

Inikan kalau sudah terlanjur, harusnya ada antisipasi bagaimana agar tidak terkena alergi atau iritasi saat menggunakan krim kecantikan wajah. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita lakukan agar tidak terjadi alergi / iritasi pada kulit wajah kita :

Cari informasi atau tanyakan pada penjual kosmetik, tentang cara penggunaan yang benar. Ini sangat penting karena tidak semua kosmetik sama cara menggunakannya. Kesalahan cara, aturan pakai, step, urutan pada kosmetik wajah bisa menyebabkan alergi, iritasi, ruam bengkak, gatal, bentol pada wajah dan masih banyak lagi indikasi lainnya. Maka, jangan lupa cerewet untuk urusan yang satu ini

Coba gunakan sedikit terlebih dahulu pada area belakang telinga. Apabila dalam beberapa jam tidak menimbulkan reaksi berarti wajah anda tidak ada masalah dengan bahan kosmetik tersebut. Sehingga bisa dilanjutkan untuk penggunaan di semua area wajah. Gunakan tipis-tipis dan merata.

Hindari makanan pencetus alergi. Terkadang kita tidak sengaja memakan sesuatu dan ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya ruam merah pada kulit wajah kita. Hal ini bisa terjadi saat kita melakukan perawatan kecantikan kulit wajah. Reaksi bahan kosmetik menjadi salah satu faktor munculnya alergi karena pencetus makanan tadi. Sehingga membuat wajah terlihat bentol ruaa merah dan bahkan juga timbul gatal yang tidak tertahan.
Jangan mengunakan 2 kosmetik berbeda dalam satu waktu atau satu putaran pakai. Sebaiknya jika anda ingin menggunakan kosmetik yang berlainan merk, tunggu seminggu dahulu. Maksudnya hentikan pemakaian krim lama selama seminggu, baru kemudian menggunakan krim wajah yang baru. Hal ini berfungsi agar kulit anda netral dari bahan kosmetik lama. Sehingga penggunaan kosmetik baru tidak menimbulkan kontras pada kulit wajah anda.

Tanda umum alergi pada wajah

Banyak yang mungkin tidak sadar saat mereka terkena alergi. Sebenarnya dalam beberapa saat setelah menggunakan krim yang tidak cocok untuk wajah, bisa langsung terdeteksi alergi yang muncul. Namun jika kita tahu bagaimana langkah preventif sebelum menggunakan krim tentu saja tidak terjadi. Begitupun setelah anda membaca artikel ini, semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat. Bukan hanya produk gajebo yang bisa mendatangkan alergi, produk jutaan juga bisa. Jadi jangan anggap kalau mahal pasti bagus, tidak juga.

Tanda-tanda secara umum pada wajah yang menunjukkan datangnya alergi :

Tampak kemerahan

Ciri yang pertama biasa datang saat kulit terjadi alergi pada kosmetik adalah kemerahan. Dan tidak juga harus menunggu dalam waktu yang lama, soalnya reaksi ini dapat datang dalam hanya hitungan menit.

Pertama kali saat percobaan produk pada belakang telinga Anda akan merasakan sedikit gatal atau panas, selanjutnya tanda itu sertai dengan kemerahan pada area kulit. Nah jika sudah seperti ini Anda wajib memahami bahwa terdapat kandungan pada kosmetik ini yang Anda kurang cocok. Langsung hentikan penggunaannya dan jangan diteruskan untuk wajah.

Tampak Bengkak atau bentol

Biasanya reaksi ini ditampakkan pada saat menggunakan kosmetik di sekitar kelopak mata. Entah itu eyeliner, eyeshadow, atau maskara, yang bisa menyebabkan bagian dari kulit di area sekitar mata menjadi bengkak atau bentol

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan dapat juga bengkaknya akan muncul di tempat-tempat lain jika produk kosmetik yang Anda gunakan berbeda.

Terasa gatal Sekali

Saat tampak kemerahan dan bengkak, biasanya semua itu akan di tandai juga dengan rasa gatal yang sangat di muka. Gatal inilah yang membuat kita tidak tahan dengan alergi ini, sehingga perlu untuk diberikan suatu penanganan agar tidak gatal. Karena ketika gatal maka inginnya menggarup wajah. Padahal jika kita garuk bisa menimbulkan bekas dan wajah kita akan jadi rusak. Untuk menghilangkan gatal dapat minum CTM atau obat anti nyeri atau obat alergi wajah lainnya.

Beberapa penyebab Alergi pada kulit wajah

Seperti pada pembahasan diatas, bahwa alergi karena kosmetik bisa saja terjadi pada wajah. Bukan hanya kosmetik yang harganya murah saja, yang sangat mahal juga dapat menimbulkan alergi wajah. Jadi tidak ada patokan bahwa kosmetik pemutih wajah yang mahal tidak akan membuat alergi. Itu anggapan yang tidak benar, karena alergi terjadi disebabkan kulit wajah tidak dapat menerima kandungan dari bahan kosmetik tersebut.

Adapun beberapa penyebab alergi kulit wajah yang lain adalah seperti dibawah ini :

  • Ikan. Ada beberapa sahabat pada awal menggunakan kosmetik aman-aman saja, dan dapat menghasilkan perubahan yang baik pada wajahnya. Namun, seiring waktu ternyata menjadi alergi wajah memerah, bentol, gatal secara mendadak. Hal ini terjadi karena beberapa hari terakhir sahabat kta ini mengkonsumsi ikan. Kemungkinannya kulit wajah memberikan reaksi akibat nutrisi ikan yang membuat kontras dengan bahan kosmetik tersebut. Sehingga jika anda sedang melakukan perawatan menggunakan kosmetik pemutih wajah, tanyakan pada penjual pantangan yang harus di jauhi.
  • Telur. Begitu juga dengan makanan yang satu ini. Banyak kita jumpai ketika sering makan telur akan menimbulkan bisul. Percaya atau tidak ini adalah kenyataan. Jadi apakah membahayakan mekan telur setiap hari ? Tidak, selama tidak berlebihan. Artinya jika yang anda konsumsi hanya 1 butir setiap hari, ini masih tergolong aman. Namun jika lebih dari itu bisa bisulan, banyak yang mengalaminya.Perlu diketahui bahwa bagian telur yang menyebabkan alergi/bisulan hanya pada kuning telurnya saja. Karena kandungan kolesterol pada kuning telur ini mencapai 185 mg, sedangkan kebutuhan tubuh dalam sehari hanya 300 mg. Maka jelas, sekali jika dalam sehari saja anda mengkonsumsi 2 butir telur akan menimbulkan efek kelebihan kolesterol yang bisa saja berdampak pada bisulan, jerawat dan alergi yang lainnya termasuk kontrasnya dengan bahan kosmetik pada wajah anda.

Yang perlu diperhatikan sebalum menggunakan kosmetik adalah mencoba terledih dahulu sedikit dibelakang telinga. Kabarnya hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah alergi kosmetik yang akan digunaan. Karena begitu wajah anda tidak cocok dengan kosmetik tersebut, akan timbul reaksi secara langsung pada area yang anda coba tersebut. Dengan kondisi ini, penggunaan kosmetik tidak perlu dilanjutkan dan konsultasikan pada penjual kosmetik anda.

 

Semoga pembahasan tentang Tahapan Cara Mengatasi Wajah Alergi Ruam Bentol Merah Bengkak akibat Kosmetik bermanfaat untuk sahabat semua. Salam cantik sehat selalu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cewe Kece memberikan informasi tentang cewe

Biar tetap kece tak tertinggal terus update

Copyright © 2017 Cewe Kece

To Top

Kamu Sedang Offline