Health

Meredakan Pilek dan Batuk Dengan Alami

Meredakan Pilek dan Batuk

Meredakan Pilek dan Batuk Dengan Alami

Hal yang wajah jika tubuh kita menurun daya tahannya akibat cuaca yang dingin seperti musim hujan sekarang ini. Salah satu penyakit yang sering muncul saat musim hujan adalah seperti pilek, batuk, demam dan tentu saja akan mengganggu aktivitas harian anda. Pasti tidak enak banget saat kita melakukan aktifitas, baik bekerja ataupun saat bersama teman-teman. Sehingga harus sesegera mungkin untuk di obati.

Pilek biasanya di sertai dengan flu kemudian batuk, ini merupakan satu paket yang banyak dialami oleh seseorang yang kondisi tubuhnya sedang turun atau ngedrop. Wajar terjadi, namun jika tidak segera diobati maka akan semakin lama sembuhnya. Pengobatan untuk meredakan pilek ini sebenarnya tidak susah, namun bagi sebagian orang terkadang tidak sabar dan buru-buru pergi ke dokter untuk berobat.

Pengobatan/Meredakan pilek dengan menggunakan bahan alami
Bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan pilek banyak macamnya. Bahan alami ini sekaligus memperkuat daya tahan tubuh yang sedang terkena flu atau pilek hingga tubuh kembali segar dan pilek sembuh total.Obat pilek alami tersebut sebagai berikut :

Teh hijau. Teh ini mempunyai kandungan yang baik dalam membantu tubuh menyembuhkan serta mencegah virus flu pilek atau batuk menyerang anda. Mengkonsumsi setiap hari juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara memanfaatkan teh hijau untuk meredakan pilek adalah dengan cara menyeduhnya 3 atau 4 kali dalam sehari dan jangan lupa untuk diminum selagi hangat.

Meredakan Pilek dan Batuk

Meredakan Pilek dan Batuk

Teh hijau untuk meredakan pilek

Teh Daun Mint. Teh daun mint juga berkhasiat untuk meredakan virus penyebab flu dan pilek. Teh daun mint akan menghangatkan tubuh, berfungsi sebagai expektoran atau membantu dalam mengeluarkan ingus serta dahak dari saluran pernafasan yang sedang terganggu.teh-daun-mint-meredakan-pilek
Jahe. Minuman yang satu ini tidak diragukan lagi khasiatnya. Banyak yang menikmati minuman jahe untuk membuat tubuh lebih hangat lagi. Minuman ini merupakan salah satu minuman khas yang dapat kita temukan diberbagai tempat warung hik di pinggir jalan. Entah dalam pembuatan seperti apa, namun tidak ketinggalan minuman yang satu ini. Bagi mereka yang sudah tahu cara pembuatan minuman jahe yang benar, maka akan didapatkan rasa nikmat yang begitu khas. Selain menghangatkan badan jahe dipercaya mmempunyai khasiat dalam menghilangkan gatal pada tenggorokan.

Cara membuat wedang jahe nikmat silahkan ikuti petunjuk saya ini :

  • Siapkan jahe beberapa potong 3 potong, bakar dahulu sebentar, biarkan dingin.
  • lalu hancurkan (bisa menggunakan batu yang bersih, ulegkan), masukkan dalam gelas besar, tambah gula 2 pasir sendok makan, gula jawa 1 sendok makan, kemudian seduh dengan air panas mendidih, setangah gelas.
  • Aduk dahulu, setelah gula larut, tambah dengan air panas kembali. Jahe nikmat dan mantap siap untuk di hidangkan.

Jeruk Nipis.

Bahan alami yang satu ini juga dipercaya dapat memberikan efek yang baik untuk penyakit pilek dan flu.

Sehingga dengan mengkonsumsinya akan dapat meredakan pilek yang sedang diderita.

Terutama sangat baik untuk orang lanjut usia ketika susah untuk mengkonsumsi berbagai obat kimia atau obat pilek alami lainnya. Jeruk nipis dalam ramuan meredakan pilek dan batuk bisa ditambah beberapa bahan lain seperti minyak kayu putih dan kapur sirih.

Adapun cara membuatnya sebagai berikut :

  • Jeruk nipis diperas masukkan dalam cawan atau gelas kecil, tambahkan sama banyak minyak kayu putih, kemudian tambah dengan kapur sirih sedikit.
  • Aduk hingga rata. Penggunaan cukup dibalur pada leher, dada serta punggung orang lanjut usia. Jika anda termasuk lanjut usia sangat cocok menggunakan obat ini.
  • Ada juga teman saya jika beliau terkena flu atau pilek cara meredakan cukup mudah sekali, istirahat total dan cukupi kebutuhan gizi. Tidak lama paling sehari langsung badan sehat kembali.

Bisa jadi ketika istirahat total seharian tidak keluar kamar alias tidur terus, bangun makan sholat dan tidur lagi. Begitu selama seharian dan manjur juga tips cara meredakan pilek yang dia lakukan. Ini bukan lagai cara alami, namun cara super hemat tanpa banyak biaya.

Baca Juga : Tips memilih Melon yang segar

Cara Meredakan pilek dengan obat-obatan

Banyak juga cara meredakan pilek dengan obat yang menjadi langganan mereka. Hal ini tentu saja sudah mereka alami dalam beberapa kali terkena pilek kemudian cocok menggunakan obat tertentu, sehingga ketika pilek datang maka langsung ke tkp untuk mendapatkan obat pereda pilek tersebut. Dengan mengkonsumsi obat pilek pilihan yang cocok untuk meredakan pilek, tentu saja lebih efektif dari pada menggunakan bahan alami herbal yang butuh waktu lebih lama untuk penyembuhan.

Hal ini tidak lepas dari kegiatan dan manfaat waktu dari pada harus merasakan pilek dalam waktu lama. Kan jika cepat reda, urusan lainnya cepat beres, tidak terganggu dan lebih lancar. Maka obat pilek seperti inilah menjadi pilihan banyak orang, apalagi meskipun dalam bentuk obat, banyak juga yang merupakan berbahan dasar alai seperti, gingseng, pasak bumi, jahe dan masih banyak lagi. Bahkan kalau kita kenal ternyata namanya juga sangat familiar ditelinga sebagai obat alami untuk orang sakit. Dapat kita kenal seperti tolak angin, antangin, dan lain sebagainya. Ini merupakan tergolong dari obat herbal menurut bahan dari pembuatan obat tersebut.

Selain dari obat herbal masih ada lagi obat kimia untuk meredakan pilek. Tidak tanggung-tangung jumlahnya sangat banyak sekali. Lagi-lagi ini bagi mereka yang sudah cocok tentu akan minum agar pileknya cepat reda. Begitu juga dengan saya, biasanya kalau pilek akan dibarengni dengan batuk dan jadinya radang tenggorokan. Sehingga untuk mengatasinya harus hati-hati benar dari makan dan juga istirahat yang cukup. Biasanya lebih cepat reda dan pulih kembali.

Ciri gejala dan Penyebab pilek flu serta penularannya
Pilek merupakan infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, saluran pernafacan bagian atas akibat adanya serangan virus. Pilek tidak kenal usia, baik anak-anak ataupun dewasa dapat terkena virus pilek ini. Adapun beberapa gejala pilek adalah sebagai berikut ini :

  • Sering bersin
  • Sering mengeluarkan ingus
  • Hidung tersumbar karena pernafasan tidak lancar
  • Tidak enak badan
  • Suara serak karena tenggorokan sedang diserang virus
  • Terkadang disertai batuk berdahak
  • Gejala ini biasanya akan berlangsung selama 2-3 hari, dimana jika gejala ini tidak segera diobati dapat menimbulkan gejalan pilek
  • lanjutan.

Namun, terkadang gejala lanjutan ini bersamaan dengan gejala awal pilek. Seperti :

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Tenggorokan gatal dan sakit
  • Nyeri telinga
  • Nyeri otot pada seluruh tubuh
  • Badan terasa lelah sekali
  • Hilang nafsu makan

Jika beberapa gejala ini muncul pada tubuh anda artinya anda sedang di landa pilek. Sehingga anda bisa mengambil langkah tepat dan cepat untuk segera meredakannya.

Penyebab Pilek

Human rhinovirus (HRV) adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Jalannya virus untuk masuk ketubuh manusia ternyata banyak sekali, mulai dari mulut hidung, bahkan mata sebelum berinkubasi dan menimbulkna gejala lanjutan. Masuknya virus ketubuh kita bisa terjadi karena menghirup percikan penderita di udara yang telah dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Selain itu virus juga dapat masuk melalui sentuhan tangan yang kemudian ke tangan memegang hidung, mulut dan mata hingga bisa menular. Namun, jika memang badan kita kuat dari segi kesehatan maka virus ini tidaka kan mempan ketika masuk ketubuh kita.

Akan tetapi ada faktor lain yang memudahkan virus pilek ini masuk ketubuh kita seperti :

  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Berada pada tengah orang keramaian (pasar, sekolah, kantor, angkutan
  • Ada riwayat penyakit kronis
  • Usia anak-anak rentan dengan pilek
  • Udara dingin
  • Tidak merokok
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cewe Kece memberikan informasi tentang cewe

Biar tetap kece tak tertinggal terus update

Copyright © 2018 Cewe Kece

To Top

Kamu Sedang Offline