Health

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Sudah Seyogyanya Ibu hamil perlu menjaga makanan yang dikonsumsinya. Sejak pertama kali konsultasi kehamilan, mungkin kita akan mendengar tentang makanan yang perlu dikonsumsi.

Misalnya kalsium yang baik untuk tulang bayi, atau asam folat yang bisa mencegah kelainan. Namun bagaimana dengan makanan pantangan ibu hamil? Biasanya orangtua kita suka memberikan saran tentang makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil. Sayangnya, saran-saran yang masuk mungkin saja terlalu banyak dan berbeda-beda.

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Apalagi jika ada banyak orang yang memberikannya. Makanan yang disarankan juga terkesan berubah-ubah dari tahun ke tahun. Bisa jadi apa yang 5 tahun lalu baik saat ini justru sudah tidak disarankan lagi. Agar Bunda tidak bingung, sekarang kami akan memberikan 5 jenis makanan pantangan ibu hamil.

Kafein

Mengkonsumsi kafein dalam dosis tinggi setiap hari selama masa kehamilan akan meningkatkan resiko keguguran. Kafein biasanya terdapat pada kopi, teh, dan minuman bersoda atau berenergi. Sebuah studi dari Kaiser Permanente Division of Research pada tahun 2008 membenarkan fakta kafein tersebut. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 200 miligram atau lebih kafein setiap hari memiliki resiko keguguran dua kali lipat lebih tinggi daripada yang tidak meminumnya. Kafein sebanyak 200 miligram tersebut setara dengan 2 gelas kopi atau lebih.

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Keju Lembut

Sebaiknya hindari juga jenis keju seperti brie, camembert, quesco blanco, goat dan feta (dari susu kambing), atau jenis yang berserat. Jenis-jenis tersebut mungkin tidak mengalami pasteurisasi dan terkontaminasi Listeria. Listeria ini merupakan bakteri yang bisa memicu keracunan. Jenis keju yang lembut itu beresiko tinggi karena tidak diawetkan.

Berbeda dengan cheddar atau parmesan dimana bakteri mati secara natural. Ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh makanan. Jika ini terjadi pada trisemester pertama, bisa mengakibatkan keguguran atau bayi lahir prematur. Itulah mengapa keju lembut adalah makanan pantangan ibu hamil muda.

Daging

Suka membeli daging beku atau dingin? Berhati-hatilah karena jika pengolahan dan penyimpanannya tidak ditangani dengan benar akan mudah tercemar Listeria. Biasanya penanganan yang buruk ini terjadi ketika pabrik atau kios penjual daging. Untuk berjaga-jaga, masak daging yang dibeli dengan suhu tinggi hingga matang untuk mematikan bakteri. Daging bisa juga terkontaminasi toksoplasma, yaitu parasit yang bisa menyebabkan infeksi, kematian bayi, dan masalah kesehatan serius.

Ikan

Kita tentu sudah mengetahui bahwa kandungan merkuri yang terdapat dalam ikan berbahaya bagi bayi. Merkuri adalah neurotoksin yang bisa menyebabkan kegagalan perkembangan otak fatal pada bayi. Ketika merkuri masuk ke dalam air, akan langsung diserap rantai makanan.

Mulai dari tanaman, ikan kecil, hingga ikan besar. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi antara lain: ikan hiu, tilefish, king mackerel, ikan cucut, dan tuna albacore. Namun ada kesalahan yang sering dilakukan sebagian ibu hamil yaitu berhenti total mengkonsumsi ikan. Tidak semua ikan mengandung merkuri. Misalnya saja ikan Salmon yang justru merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Apapun ikan yang dikonsumsi, hindari ikan mentah dan setengah matang.

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Telur

Tidak ada yang menyarankan untuk menghindari teur karena merupakan sumber protein tinggi. Selain itu juga memiliki kandungan nutrisi penting seperti choline. Namun telur juga beresiko terkontaminasi bakteri Salmonela yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Baca Juga : Doa Maksimal Untuk Segera mendapat Momongan

Jadi pastikan mendapatkan telur yang aman. Jangan mengambil telur yang retak atau berkulit kotor. Simpan juga telur di dalam lemari pendingin. Hindari memakan telur setengah matang atau saus salad yang mengandung telur mentah. Hindari juga mencicipi kue yang belum matang yang mengandung telur didalamnya.

Itulah Jenis makanan pantangan ibu hamil yang perlu kita perhatikan. Kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya berawal dari makanan. Jadi, untuk Anda pada ibu hamil, hindari makanan yang menjadi pantangan tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Semoga bermanfaat ya Bunda Sahabat Cewekece

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cewe Kece memberikan informasi tentang cewe

Biar tetap kece tak tertinggal terus update

Copyright © 2018 Cewe Kece

To Top

Kamu Sedang Offline